Pengembangan Ilmu Pengetahuan, teknologi, seni dan budaya di perguruan tinggi dilaksanakan melalui kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dengan status Unimus yang sudah masuk dalam cluster utama, masih terdapat keragaman kemampuan antar perguruan tinggi dalam mengelola kegiatan penelitian dan pengabdian sehingga adanya berbagai kendala dalam meningkatkan kemampuan para peneliti/pengabdi baik secara substantif maupun teknis dan metodologis. Kendala tersebut dirasakan pula dalam meraih sumber dana penelitian dan pengabdian yang ada di berbagai instansi pemerintah maupun swasta. Maka, LPPM Unimus secara continue menggelar kegiatan “Workshop Penyusunan Proposal Hibah DAPTV/DRTPM 2024”.

Kegiatan ini dilaksanakan secara bertahap dan dikelompokkan dalam 2 (dua) jenis sesi yaitu vokasi dan akademik. Sesi vokasi diikuti oleh dosen/pengajar dari program studi diploma, dan sesi akadmik diikuti oleh dosen/pengajar dari program studi strata 1 dan pascasarjana. Dengan banyaknya program studi di Unimus, maka LPPM membagi kegiatan workshop menjadi beberapa kloter untuk menyesuaikan jumlah peserta agar lebih kondusif dan memahami materi yang disampaikan narasumber. Kegiatan workshop sesi vokasi dilaksanakan pada Kamis, 28 Desember 2023 yang diikuti oleh program studi D3 Gizi, D3 Keperawatan, D3 TLM, dan D4 TLM. Sedangkan kegiatan workshop akademik dilaksanakan selama 3 hari yaitu 8 Januari 2024 (FIKKES, FSTP, Pascasarjana), 10 Januari 2024 (FTIK, FEB, FIPH), 12 Januari 2024 (FK, FKG, FKM).

 

Narasumber yang mengisi kegiatan ini adalah Prof. Dr. Sri Darmawati, M.Si selaku reviewer nasional DRTPM, serta Prof. Dr. Ir. Purnomo, S.T., M.Eng selaku Ketua LPPM Unimus. Selain narasumber utama, Ns. Satriya Pranata, M.Kep., Ph.D. selaku Sekretaris Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat serta Dr. Didik Sumanto, SKM., M.Kes (Epid) selaku Sekretaris Bidang Publikasi, HKI, dan Penerbitan juga memberikan arahan terkait teknis publikasi hasil penelitian dan pengabdian masyarakat. Kegiatan ini pula didampingi oleh Wakil Rektor I Unimus yaitu Dr. Budi Santosa, M.Si.Med untuk memberikan penguatan kepada para dosen/pengajar dalam mengikuti workshop tersebut.

 

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *